moge 2

29 Oct Pengendara Moge Dicap Arogan? Ini Kata Penggunanya

moge 2

Jakarta – Pengendara motor gede (moge) biasanya identik dengan motor bermesin besar dibalut suara knalpot yang menggelegar dan melaju kencang. Tak jarang karena hal itu pengguna moge mendapat stempel arogan di mata masyarakat.

Namun, ternyata ada alasannya lho mengapa moge harus dipacu dalam kecepatan tinggi khususnya motor yang tidak memiliki sistem pendingin radiator.

Salah satu anggota Motor Besar Indonesia (MBI) Yudo tidak menampik stigma negatif masyarakat tersebut. Ia mengungkapkan alasan mengapa moge yang tak menggunakan radiator seperti model Harley klasik perlu digeber.
detikOto diberi kesempatan untuk dibonceng bersamanya. Saat melintas di tengah kemacetan jalan raya Kalimalang Bekasi, tiba-tiba motornya mati karena mengalami overheat.

“Motor kenapa overheat tentunya kepanasan, kebetulan yang kita pakai ini Harley yang produknya Amerika mempertahankan tipe klasiknya, di mana tipe-tipe ini tidak menggunakan radiator, ada nggak Harley yang pakai radiator? Jawabnya ada tapi tipe lain bukan tipe touring,” ungkap Yudo.

Ia kemudian menuturkan bahwa suhu mesin bakal turun kembali bila mendapatkan embusan angin kencang. Makanya, moge seperti Harley sering diajak ngebut untuk mendapat asupan pendingin angin yang baik sehingga tidak overheat.

“Harley kenapa harus kecepatan tinggi, karena pendingin utamanya adalah udara, kalau tidak ada udara dia pasti overheat, pelan-pelan gini dia overheat makanya kalau di jalan ditarik kencang dan sebagainya, orang lain akan memandang dengan suaranya yang kencang seperti arogan, tapi faktanya bukan karena arogan namun perlu udara untuk mendinginkan mesin tersebut,” kata pria ramah ini.

Klub Motor Besar Indonesia (MBI) sendiri berkeinginan menjadi pelopor keselamatan berlalu lintas dan tidak merugikan pengguna jalan lain. Dalam pengamatan detikOto, sepanjang perjalanan dari Raden Inten hingga titik akhir di Cikarang, tidak ditemukan anggota member MBI yang melanggar lalu lintas, menggunakan strobo, atau menerobos lampu lalu lintas. Patut dicontoh nih buat pengendara moge lain nih, Otolovers. (riar/rgr)